Renstra Proker

Renstra Proker

Rencana Strategis dan Program Kerja

Rencana Strategis (RENSTRA) adalah pernyataan rencana spesifik mengenai bagaimana mencapai masa depan ditentukan melalui penentuan kebijakan, sasaran, program dan kegiatan yang harus dilakukan dalam waktu jangka panjang (5 tahun ke depan) untuk selanjutnya bisa dikoordinasikan pelaksanaannnya dalam bentuk rencana operasional dengan memperhitungkan perkembangan lingkungan strategis. 

Penyusunan RENSTRA Departemen TIP FTP periode 2019-2023 mengacu pada Renstra Kemenristek Dikti (2020 – 2024), Universitas Brawijaya (2019-2023), dan Fakultas Teknologi Pertanian (2019-2023). RENSTRA tersebut digunakan untuk mengevaluasi kinerja Departemen sehingga mampu mengikuti dinamika lingkungan baik internal dan eksternal sebagai departemen yang unggul di bidang agroindustri pada skala Nasional dan Internasional. Harapannya RENSTRA Departemen TIP bermanfaat sebagai acuan pengembangan kinerja institusi dalam bentuk rencana taktis dan operasional yang dilengkapi dengan sasaran mutu atau indikator kinerja. Dengan demikian, evaluasi keberhasilan dan kesesuaian antara program kerja dan rencana anggaran dapat dilakukan secara efektif, efisien dan berkesinambungan.

Penyusunan Renstra Program studo mengacu Renstra Kemenristek Dikti (2020-2024), Renstra Universitas Brawijaya (2019-2023), Renstra Fakultas Teknologi Pertanian (2019-2023), dan Renstra Departemen Teknologi Industri Pertanian FTP UB.  Renstra PS memberikan arah pengembangan 5 tahun ke depan agar mampu melayani pengguna (stakeholder), baik masyarakat umum, alumni, industri, pemerintah, maupun asosiasi profesi terkait. Renstra ini juga sebagai acuan untuk mengembangkan sasaran, program kerja dan mengukur kinerja PS secara teknis operasional dan berkesinambungan menggunakan segala potensi sumberdaya secara efektif dan efisien.

Penyusunan program kerja mengacu pada Renstra Departemen TIP FTP  yang telah disusun mengacu pada Renstra dari Kemenristek Dikti (2020 – 2024), Universitas Brawijaya (2019-2023) serta Fakultas Teknologi Pertanian (2019-2023). Program Kerja sangat penting diperlukan untuk mengevaluasi rencana strategi dan  kinerja Departemen sehingga mampu mengikuti dinamika lingkungan baik internal dan eksternal sebagai jurusan yang unggul dalam bidang agroindustri di skala Nasional maupun Internasional. Program kerja disusun sebagai acuan yang harus direalisasikan untuk mencapai indikator kinerja jurusan yang telah ditetapkan yang merupakan rincian teknis program dan kegiatan yang telah disusun pada Renstra TIP FTP 2019-2023.  Keberhasilan pelaksanaan program kerja TIP FTP 2019-2023 membutuhkan dukungan dari program studi dan laboratorium melalui sistem penjaminan  mutu yang terintegrasi dan berkelanjutan.

ub-logo.png

Departemen Teknologi Industri Pertanian

Fakultas Teknologi Pertanian

Universitas Brawijaya

Hak cipta © 2021 Departemen Teknologi Industri Pertanian – Universitas Brawijaya