Tim Pengabdian Masyarakat TIP FTP UB Hibahkan Mesin Peniris (Spinner) Untuk Menunjang Produktivitas UMKM di Kecamatan Pakis, Malang

21 September 2023

Tim Pengabdian Masyarakat TIP FTP UB Hibahkan Mesin Peniris (Spinner) Untuk Menunjang Produktivitas UMKM di Kecamatan Pakis, Malang

Melalui program Pengabdian Masyarakat, Universitas Brawijaya terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan ekonomi lokal dan pemberdayaan potensi masyarakat Malang dan sekitarnya. Dibawah pimpinan Wike Agustin Prima Dania, STP, M.Eng, Ph.D, seorang dosen departemen Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya bersama tim dosen dan mahasiswa dalam program Pengabdian Masyarakat ini telah memberikan dampak positif bagi penggerak ekonomi di bidang pengelolaan produk pangan terutama UMKM “Superheru Snack Factory” di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Program ini berfokus dalam pengembangan teknologi mesin peniris (spinner) untuk meningkatkan produktivitas dan penjualan produk UMKM.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupaya memberikan solusi terhadap permasalahan nyata yang timbul di masyarakat. Wike Agustin Prima Dania, STP, M.Eng, Ph.D bersama tim dosen dan mahasiswa memutuskan untuk mengambil inisiatif berupa pengembangan dan pendistribusian mesin  mesin peniris (spinner) sebagai bagian dalam program pengabdian masyarakat mereka. Tujuan dari pendistribusian mesin peniris ini didasari dari permasalahan yang dialami oleh UMKM “Superheru Snack Factory” yaitu kegian penirisan masih dilakukan secara manual yang membutuhkan waktu lumayan lama dan hasil tirisan kurang maksimal.

Mesin peniris yang dihibahkan memiliki keunggulan yaitu mudah digunakan, cepat, dan aman. Selain itu, mesin ini juga mampu meniriskan minyak secara maksimal dalam waktu yang singkat sehingga mampu meningkatkan produktivitas UMKM secara lebih efisien.

Wike Agustin Prima Dania, STP, M.Eng, Ph.D menegaskan, “Tujuan dilaksanakannya program ini adalah untuk membantu UMKM Superheru Snack Factory agar dapat meningkatkan produktivitas dan keuntungan usaha melalui pemanfaatan teknologi mesin peniris tepat guna. Dengan adanya mesin spinner ini, proses penirisan diharapkan menjadi lebih maksimal dan waktu penirisan menjadi lebih efisien.” Program pengabdian kepada masyarakat ini merupakan contoh nyata pengimplementasian inovasi yang dilakukan oleh perguruan tinggi dalam mengatasi permasalahan masyarakat di sekitarnya. Melalui penghibahan teknologi tepat guna diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pelaku ekonomi setempat serta dukungan bagi pergurusan tinggi untuk terus berkomitmen dan berinovasi dalam kegiatan pemberdayan masyarakat.

Tinggalkan Komentar

ub-logo.png

Departemen Teknologi Industri Pertanian

Fakultas Teknologi Pertanian

Universitas Brawijaya

Hak cipta © 2021 Departemen Teknologi Industri Pertanian – Universitas Brawijaya