Info Beasiswa

Info Beasiswa

Mahasiswa Departemen Teknologi Industri Pertanian berkesempatan untuk mendapatkan bermacam beasiswa, diantaranya:

BEASISWA PPA

Sarjana

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), disediakan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Beasiswa PPA diberikan dan ditujukan bagi mahasiswa yang tengah menjalani kuliah diploma maupun sarjana di perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia. Beasiswa ini dimaksudkan bisa membantu biaya pendidikan mahasiswa demi kelancaran studi. Penerima beasiswa PPA akan mendapatkan Rp. 400.000/bulan dan akan dibayarkan langsung untuk 1 semester (6 bulan) sebesar Rp. 2.400.000, dan langsung diberikan kepada mahasiswa aktif berdasarkan periode tahun anggaran berjalan dan diberikan untuk pertama kalinya sekurang-kurangnya selama 6 bulan. Kuota beasiswa tidak sama tiap semester, tergantung pemberian dari Kemendikbud yang akan disampaikan melalui surat tertulis kepada perguruan tinggi penerima.

BEASISWA UNGGULAN

Sarjana
Magister
Doktor

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali menawarkan Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi bagi masyarakat Indonesia. Beasiswa Unggulan juga termasuk beasiswa penuh yang menanggung sebagian besar keperluan studi. Program ini merupakan beasiswa dalam negeri untuk mahasiswa S1, S2, dan S3. Para peserta yang dapat mengikuti program ini adalah calon mahasiswa (mahasiswa baru) yang sudah mendapatkan surat keterangan lulus di perguruan tinggi atau mahasiswa yang baru melaksanakan perkuliahan di semester 1 dan belum mendapatkan KHS atau mahasiswa on-going yang sudah memulai perkuliahan maksimal semester 3 (semua jenjang).

Untuk melihat pengumuman yang berkaitan dengan pengajuan permohonan Beasiswa Unggulan lengkap dengan persyaratan dan panduannya, silahkan kunjungi https://buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/.

BEASISWA LPDP

Magister
Doktor

Beasiswa Reguler Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) ditujukan bagi setiap warganegara Indonesia yang telah lulus S1/D4 atau lulusan S2 dan ingin lanjut studi ke jenjang master maupun doktor. Beasiswa S2 LPDP reguler bisa dimanfaatkan untuk melanjutkan studi S2 di dalam maupun luar negeri, begitu pun beasiswa S3 reguler LPDP. Beasiswa LPDP adalah beasiswa penuh. Sehingga semua kebutuhan studi, seperti biaya kuliah, biaya hidup, biaya keberangkatan dan kepulangan akan ditanggung oleh LPDP. Tidak itu saja, biaya seperti tunjangan keluarga (khusus doktoral), tunjangan buku, tunjangan tesis/disertasi, seminar, publikasi jurnal, visa, hingga asuransi kesehatan juga akan disediakan. Ada pula fasilitas lain semisal biaya pendaftaran ke universitas, tunjangan kedatangan, hingga dana keadaan darurat.

Beasiswa LPDP termasuk salah satu beasiswa prestasi. Pelamar harus memiliki kemampuan akademik yang unggul serta mempunyai jiwa kepemimpinan yang kuat. Untuk universitasnya LPDP menetapkan Daftar Universitas Tujuan LPDP. Pelamar bisa memilih universitas yang diminati dari daftar yang telah ditetapkan tersebut.

Untuk melihat pengumuman yang berkaitan dengan pengajuan permohonan Beasiswa LPDP lengkap dengan persyaratan dan panduannya, silahkan kunjungi https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/in/home.

BEASISWA LAINNYA

Dan masih banyak penawaran beasiswa lainnya baik dari instansi pemerintahan, yayasan, maupun perusahaan, dalam negeri maupun luar negeri.

Informasi lebih lengkap terkait penawaran, syarat dan ketentuan beasiswa dapat dilihat melalui laman: beasiswa.ub.ac.id.

ub-logo.png

Departemen Teknologi Industri Pertanian

Fakultas Teknologi Pertanian

Universitas Brawijaya

Hak cipta © 2021 Departemen Teknologi Industri Pertanian – Universitas Brawijaya