Loading...
Home2019-10-06T20:34:21+00:00

About

Teknologi Industri Pertanian (TIP) merupakan salah satu Jurusan di Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB). Dalam perkembangannya, Jurusan Teknologi Industri Pertanian sebagai cikal bakal FTP berusaha memacu pengembangan sektor pertanian, terutama industri pertanian, dengan membuka satu minat studi Program Studi (PS) Teknologi Industri Pertanian (TIP) pada tahun 1983. PS TIP sudah diikutkan dalam UMPTN sejak 1984.

0
Profesor
0
Doktor
0
Master

PROGRAM STUDI

LABORATORIUM

Laboratorium Bioindustri

Laboratorium bioindustri merupakan bagian dari laboratorium penunjang dalam kegiatan proses belajar mengajar di Jurusan Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya.

Laboratorium Bioindustri

Laboratorium Bioindustri menaungi beberapa matakuliah diantaranya adalah Bioindustri, Mikrobiologi Pangan dan Industri, Perancangan dan Pengembangan Produk, Manajemen Lingkungan dan Limbah Industri, Pengolahan dan Pemanfaatan Limbah dan Sanitasi Industri Pangan.

Laboratorium Teknologi Agroikima

Laboratorium Teknologi Agrokimia adalah salah satu laboratorium yang dimiliki oleh jurusan Teknologi Industri Pertanian. Berdirinya laboratorium ini hampir bersamaan dengan berdirinya jursan TIP yaitu sejak tahun 1998.

Laboratorium Teknologi Agroikima

Laboratorium Teknologi Agrokimia menaungi beberapa matakuliah diantaranya adalah Pengetahuan Bahan Agroindustri, Satuan Operasi dan Proses, Rekayasa dan Optimasi Proses, serta Perancangan Pabrik

Laboratorium Manajemen Agroindustri

Pada tahun 1998, Jurusan Teknologi Pertanian secara resmi dikukuhkan menjadi salah satu fakultas di Universitas Brawijaya. Seiring dengan hal tersebut, seluruh program studi yakni Teknologi Hasil Pertanian, Mekanisasi Pertanian yang selanjutnya Teknik Pertanian dan Teknologi Industri Pertanian menjadi jurusan.

Laboratorium Manajemen Agroindustri

Demikian halnya laboratorium di Jurusan Teknologi Industri Pertanian juga berkembang dari hanya 1 laboratorium menjadi 2 laboratorium. Salah satunya adalah Laboratorium Manajemen Agroindustri.

Laboratorium Komputasi dan Analisis Sistem

Laboratorium Komputasi dan Analisis Sistem merupakan salah satu laboratorium di Jurusan Teknologi Industri Pertanian

Laboratorium Komputasi dan Analisis Sistem

Laboratorium Komputasi dan Analisis Sistem menjadi salah satu sarana penunjang dalam proses pembelajaran dasar pemrograman, statistika industri, teori dan pemodelan sistem, sistem dan teknologi informasi, dan sistem perawatan.