Dosen TIP Berkontribusi dalam Pengembangan Industri Batik di Kota Batu

27 Januari 2022

Dosen TIP Berkontribusi dalam Pengembangan Industri Batik di Kota Batu

Masa pandemi tidak menyurutkan niat para dosen TIP FTP UB untuk terjun langsung ke masyarakat dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. Tim kegiatan pengabdian masyarakat kali ini adalah dengan ketua Dr. Siti Asmaul Mustaniroh STP, MP dan dengan anggota Dr. Ir. Endah Rahayu lestari, MS, Isti Purwaningsih STP, MT, dan Wike Agustin Prima Dania STP, M.Eng, PhD. Kegiatan ini juga melibatkan 2 mahasiswa TIP Angkatan 2018 yaitu Zumrotul Kurnia dan Zolla Mellanisa.

Kegiatan yang dilakukan mulai bulan Mei hingga Agustus 20 ini berfokus pada peningkatan kinerja kelembagaan dan kualitas Produksi Batik Tulis dengan Bimbingan Teknologi dan Fasilitasi Teknologi di UKM Batik Tulis Sidomulyo, Kota Batu. UKM memiliki keterbatasan dalam teknologi untuk pembuatan pewarna alam, teknologi pewarnaaan serta manajemen kelembagaan usaha yang terkait dengan adminsitrasi keuangan sehingga memerlukan adanya bimbingan teknis dan pendampingan untuk peningkatan ketrampilan tersebut. Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam rangkaian pengabdian masyarakat ini adalah Pendampingan pembuatan pewarna alam dan proses pewarnaan alami pada batik. Bahan pewarna alam yang digunakan dapat berasal dari akar, batang, kulit, daun, dan bunga. Kombinasi bahan ala mini dapat menghasilkan warna yang beraneka ragam dan memiliki kesan tenang, dingin, lembut, dan nyaman.

Kegiatan ini mendatangkan pakar batik tulis dari Trenggalek, yaitu pasangan suami istri Ibu Partini dan bapak Sukijo. Proses bimbingan Teknologi ini diikuti oleh warga di sekitar desa Sidomulyo yang berkecimpung di dalam industri batik. Praktek dilakukan mulai dari proses membatik hingga pewarnaan dengan beberapa kali pencelupan untuk mendapatkan warna yang diinginkan. Para peserta pelatihan sangat antusias untuk mengikuti proses pelatihan mulai dari awal hingga selesai menghasilkan batik yang cantik. Dengan kegiatan ini diharapkan industri batik di Kawasan desa Sidomulyo dapat maju dan dikenal oleh masyarakat luas serta mendukung suksesnya Desa Wisata Sidomulyo. Hal ini juga Mendukung Program Pemerintah Kota Batu sebagai Desa Berdaya Kota Berjaya dalam mengembangkan Desa Wisata yang berdaya saing secara nasional.

ub-logo.png

Departemen Teknologi Industri Pertanian

Fakultas Teknologi Pertanian

Universitas Brawijaya

Hak cipta © 2021 Departemen Teknologi Industri Pertanian – Universitas Brawijaya