Kuliah Tamu Assoc. Prof. Dogan Karadag (Yildiz Technical University – Turki)

Dalam kegiatan PBM, selama satu bulan, Assoc. Prof. Dogan Karadag telah memberikan materi pengajaran di 3 (tiga) PS di Jurusan TIP, yaitu PS S1, PS S2 dan PS S3. Sehingga, kegiatan PBM tersebut tidak hanya terfokuskan pada mata kuliah (MK) bioremediasi (sebagaimana tercantum dalam proposal sebelumnya), tapi juga dikembangkan lebih lanjut ke beberapa MK lainnya.

Pada PS S1, Assoc. Prof. Dogan Karadag telah terlibat dalam pelaksanaan PBM di MK Bioremediasi sebanyak 2 kelas, dan MK Produksi Bersih sebanyak 3 kelas. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan selama 2 minggu (2 – 15 Oktober 2017), dikarenakan pada tanggal 16 – 27 Oktober diadakan kegiatan UTS bagi mahasiswa PS S1. Dalam kegiatan PBM tersebut, Assoc. Prof. Dogan Karadag memberikan materi yang mendalam berkaitan dengan penelitian yang relevan dan disertai dengan bukti atau data yang sesuai.

Keterlibatan Assoc. Prof. Dogan Karadag pada MK tersebut, disambut baik oleh tim pengajar dan mahasiswa. Mahasiswa tetap aktif mengikuti kegiatan perkuliahan. Namun, kendala penguasaan bahasa mahasiswa yang terbatas, terkadang menyebabkan sulit terjadinya komunikasi dua arah yang efektif. Dosen pendamping, harus pandai memancing mahasiswa untuk berdiskusi ataupun bertanya seputar materi perkuliahan yang diberikan. Tidak jarang, dosen pendamping memberikan fasilitas translation untuk menarik mahasiswa aktif dalam bertanya. Beberapa mahasiswa yang memiliki kemampuan bahasa inggris aktif yang baik, pada umumnya memiliki keberanian untuk bertanya atau menjawab selama kegiatan PBM berlangsung. Terkadang, Assoc. Prof. Dogan Karadag juga memberikan materi lain ‘ice breaker’ untuk menghilangkan kejenuhan atau kebosanan mahasiswa dalam mengikuti kegiatan PBM.

Pada PS S2, Assoc. Prof. Dogan Karadag juga terlibat dalam kegiatan PBM, khusunya pada MK Biorefinery dan Bioremediasi. Pada MK ini, beliau memberikan materi berkaitan dengan konsep penangulangan limbah rumah tangga menggunakan konsep biorefinery serta contoh aplikasinya di Turki, yaitu memanfaatkannya menjadi sumber energi listrik melalui teknik  sanitary landfill dan melakukan bioremediasi leachate (air lindi) yang dihasilkan melalui pelibatan mikroorganisme dengan menggunakan teknologi membran. Pada umumnya, mahasiswa S2 memberikan respon yang positif dengan melakukan diskusi aktif pada saat dan di akhir perkuliahan. Selain itu, mahasiswa S2 juga sangat antusias dalam mendiskusikan potensi penelitian ke depan dan potensi lanjut studi di Turki.

Pada PS S3, Assoc. Prof. Dogan Karadag juga memberikan materi perkuliahan pada MK Bioteknologi Industri. Meskipun pada MK ini hanya terdiri dari seorang mahasiswa S3, kegiatan dapat berlangsung secara lancar dan rutin. Pada sesi tersebut, beliau menyajikan berbagai data dan hasil penelitian yang telah beliau kerjakan di Turki atau negara lainnya (seperti Finlandia dan Inggris) tentang produksi bioenergi dari limbah padat dan limbah cair. Informasi yang diberikan tentunya diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi mahasiswa S3 tersebut, khususnya dalam mempersiapkan materi penelitian yang akan dilakukan kedepannya, apabila ingin fokus pada bidang energi. Hal tersebut dimungkinkan, melihat Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk pemanfaatan limbah sebagai sumber energi. Di pertemuan lainnya, Assoc. Prof. Dogan Karadag juga memberikan materi yang lebih mendalam berkaitan dengan teknologi yang dapat digunakan untuk mengubah limbah padat menjadi energi (melalui Anaerobic digestion) dan limbah cair menjadi energi (melalui teknologi membrane, UASB, dan sebagainya.


Jurusan Industri Pertanian Universitas Brawijaya

Copyright © 2010-2018 Jurusan Teknologi Industri Pertanian. All Rights Reserved.