Dosen TIP melakukan sosialisasi pembuatan biogas

Pada tanggal 6 Oktober 2018, tim dosen kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dibiayai oleh PNBP Fakultas Teknologi Pertanian, telah melakukan kegiatan sosialisasi pembuatan biogas di UKM Barokah Jaya Desa Ngroto, Kabupaten Malang. Tim dosen yang terdiri dari Sri Suhartini, PhD dan Irnia Nurika, PhD, ini memberikan materi tentang definisi limbah organik, potensi pemanfaatan limbah organik, hingga proses pembuatan biogas.
Dalam kegiatan ini, pemilik UKM Barokah Jaya (Bapak Sucipto) hadir didampingi oleh lima pekerjanya. Selain kegiatan sosialisasi, kegiatan ini juga dimanfaatkan untuk kegiatan survey pada penerapan biogas kotoran ternak sapi yang telah dilakukan di beberapa rumah penduduk sekitar UKM Barokah Jaya. Beberapa permasalahan yang ditemukan antara lainnya adalah berkurangnya sumber bahan baku kotoran ternak akibat semakin berkurangnya jumlah rumah tangga yang memiliki hewan ternak sapi. Kemudian belum ada nya tangki penyimpanan biogas, menyebabkan biogas yang diproduksi hilang ke udara melalui lubang outlet. Hal tersebut juga diikuti oleh keluarnya residu organik (digestate) akibat tingginya tekanan dalam digester.
Oleh karena itu, hasil dari kegiatan ini juga telah mengidentifikasikan dua jenis limbah organik yang dapt dimanfaatkan lebih lanjut untuk produksi biogas, yaitu limbah makanan dan limbah sayuran hasil pertanian. Karena, setiap harinya, petani sayur hanya membuang limbah sayuran yang tidak laku dijual. Pemilik UKM Barokah Jaya menyatakan kesiapannya untuk ikut serta sebagai model percontohan untuk biogas dari limbah makanan dan limbah sayuran. (SSH/IRN)


Jurusan Industri Pertanian Universitas Brawijaya

Copyright © 2010-2018 Jurusan Teknologi Industri Pertanian. All Rights Reserved.