BIMTEK petani jeruk Magetan

Dr. Dodyk Pranowo, pakar Kewirausahaan dan juga staf pengajar di jurusan Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya melakukan pembimbingan kepada petani jeruk pamelo dalam kegiatan “Bimbingan Teknis Peningkatan Daya Saing Olahan Jeruk Pamelo” yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur pada hari Kamis  tanggal 22 Maret 2018 di UPT Industri Kulit dan Produk Kulit Kabupaten Magetan.

Pelatihan ini diikuti kurang lebih 50 peserta yang berasal dari masyarakat sekitar, petani dan UKM. pelatihan  ini dimaksudkan agar masyarakat sekitar dan para petani tidak hanya dapat menjual buah segar namun juga dapat menjadikan jeruk pamelo sebagai olahan berdaya saing tinggi dengan menggunakan bahan-baku yang melimpah di daerah Magetan.

Selama ini masyarakat enggan mengolah jeruk pamelo karena timbulnya rasa getir yang tidak mudah hilang ketika diolah menjadi berbagai bahan pangan. Rasa getir inilah yang juga menyebabkan turunnya nilai jual jeruk pamelo sebagai bahan olahan dimata konsumen. Pelatihan ini menjelaskan senyawa penyebab rasa getir pada jeruk pamelo dan cara mengatasinya sebelum diolah menjadi aneka bahan pangan. Selain itu dijelaskan juga aneka produk yang dapat diolah dari jeruk pamelo seperti diantaranya tepung kaya serat dan antioksidan berbahan utama kulit jeruk pamelo  yang biasanya hanya dibuang begitu saja serta produk olahan leather. Tak hanya menyimak materi, seluruh peserta pelatihan juga berkesempatan melakukan praktek langsung mengolah jeruk pamelo.


Jurusan Industri Pertanian Universitas Brawijaya

Copyright © 2010-2018 Jurusan Teknologi Industri Pertanian. All Rights Reserved.