Anggota RG Palma mengikuti Pertemuan Tahunan dan Seminar Nasional APTA ( Asosiasi Profesi Teknologi Agroindustri) 2017

“Membangun Agroindustri untuk Kemajuan Bangsa: Mewujudkan Agrondustri Kelapa Sawit yang Modern dan Berkelanjutan”. Begitulah tema pertemuan tahunan dan seminar nasional APTA Tahun 2017 ini. tema kegiatan APTA tahun ini linear dengan Kelompok Kajian Agroindustri Palma yang fokus pada produk-produk metabolit sekunder dari tanaman palma, salah satunya kelapa sawit. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 14-15 Agustus 2017.

Pertemuan tahunan APTA sudah menjadi agenda rutin yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya, untuk tahun 2017 ini Universitas Bengkulu tepatnya Jurusan Teknologi Pertanian yang dipilih menjadi  penyelenggara pelaksanaan kegiatan. Dimana kegiatan ini berkerja sama dengan GAPKI cabang Bengkulu dan BPDPKS dengan dihadiri oleh 80 peserta.

Menurut Ketua Panitia yaitu Budiyanto, kegiatan ini merupakan kegiatan ke-8 dimana kegiatan ini merupakan sarana membahas program kedepan dan membahas berbagai jurnal yang nantinya menjadi acuan pemerintah daerah, pengusaha, dan pihak yang berkepentingan.

Setelah pelaksanaan seminar nasional dan pararel session. Kegiatan dilanjutkan kembali pada malamnya yaitu sarasehan agroindustri kelapa sawit. Dimana dalam kegiatan ini menghadirkan pembicara dari berbagai bidang ahli mulai dari perwakilan perusahaan kelapa sawit, pemerintah, GAPKI, BPDPKS, dan sebagainya. Kegiatan sarasehan ini di gelar sebagai lanjutan dari pembahasan 72 makalah dan materi yang disampaikan pada seminar nasional pagi harinya.

Rangkaian kegiatan tahunan dan seminar nasional APTA 2017 ini diakhiri dengan pelaksanaan kegiatan kunjungan agroindustri kelapa sawit dan kunjungan objek wisata yang ada di provinsi Bengkulu. Dari kegiatan kunjuangan ini peserta yang merupakan dosen-dosen dari berbagai perguruan tinggi mendapatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pengolahan agroindustri kelapa sawit yang ada serta mengetahui sejarah dan bangunan wisata yang ada di Bengkulu.

Diharapkan adanya APTA 2017 ini dapat meningkatkan penigkatan kualitas peneliti di Riset Group karena adanya keterlibatan peneliti dalam kegiatan tersebut. Selain itu terdapat peningkatan kuaitas publikasi di skala nasional.


Jurusan Industri Pertanian Universitas Brawijaya

Copyright © 2010-2018 Jurusan Teknologi Industri Pertanian. All Rights Reserved.